RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/satu
Materi Pokok : Bab 1 Akuntansi Sebagai Sistem Informasi
Alokasi
Waktu : 4 x 4JP (4 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun,
responsif, dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1. Mendeskripsikan
akuntansi sebagai sistem informasi.
2. Menyajikan
akuntansi sebagai sistem informasi.
C.
Indikator
·
menjelaskan
pengertian akuntansi,
·
menjelaskan
pemakai informasi akuntansi,
·
mendeskripsikan
karakteristik pemakai informasi akuntansi,
·
menjelaskan
kualitas informasi akuntansi,
·
menjelaskan
prinsip dasar akuntansi,
·
menjelaskan
bidangbidang akuntansi,
·
mendeskripsikan
profesi akuntan, dan
·
menjelaskan
etika profesi akuntan.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
·
mendeskripsikan
sejarah akuntansi,
·
menjelaskan
pengertian dan manfaat akuntansi,
·
mengindentifikasi
pemakai informasi akuntansi,
·
mendeskripsikan
karakteristik pemakai informasi akuntansi dan kualitas informasi akuntansi,
·
menjelaskan
prinsip dasar akuntansi,
·
mengidentifikasi
bidang-bidang akuntansi,
·
mendeskripsikan
profesi akuntan, dan
·
menjelaskan
etika profesi akuntan.
E. Materi Pembelajaran
Akuntansi sebagai Sistem Informasi Sejarah akuntansi
·
Pengertian dan manfaat akuntansi
·
Pemakai Informasi Akuntansi
·
Karakteristik kualitas informasi akuntansi
·
Prinsip dasar akuntansi
·
Bidang-bidang akuntansi
·
Profesi akuntan
·
Etika profesi akuntan
F. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Ceramah, tanya jawab, dan
penugasan
G. Media, alat, dan sumber
pembelajaran
1. Media
Powerpoint
2. Alat/Bahan
Laptop, LCD,
spidol, alat tulis, buku materi, kertas
3. Sumber
pembelajaran
1.
Buku Paket Ekonomi Kelas XII, Alam,S.
2018. Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta; Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan;
3.
Informasi melalui media cetak dan
internet
H. Karakter Kebangsaan
1. Religius
2. Jujur
3. Tanggung jawab
4. Semangat
kebangsaan
5. Cinta tanah
air
I.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan I
|
Rincian kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan/Kegiatan
awal
·
Memulai pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran di kelas.
·
Guru merefleksi materi pada pertemuan
sebelumnya, dan memberikan tes lisan untuk mengevaluasi pengetahuan siswa
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang harus dicapai sesuai dengan materi yang akan dibahas
|
10
menit
|
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa mengamati dan memperhatikan presentasi
guru melalui slide powerpoint dan buku pelajaran tentang akuntansi sebagai sistem
informasi, dengan sub materi mengenai sejarah akuntansi dan pengertian dan
manfaat akuntansi.
Menanya
·
Siswa menanyakan secara detail/rinci
tentang sejarah akuntansi dan pengertian dan manfaat akuntansi.
Mengeksplorasi
·
Siswa diminta untuk mebentuk kelompok,
dengan anggota tiap-tiap kelompok 2 orang.
·
Guru memberi tugas kepada tiap kelompok untuk
membuat suatu makalah yang menggali informasi mengenai sejarah akuntansi dan
pengertian dan manfaat akuntansi.
·
Sumber informasi dapat diperoleh melalui
buku sumber lain serta menggunakan internet, koran atau majalah dan lain
sebagainya yang relevan untuk materi akuntasi sebagai sistem informasi
Mengasosiasi
·
Tiap kelompok mencari data dan berdiskusi mengenai
makalah atau tugas yang telah diberikan oleh guru.
·
Setiap siswa dalam kelompok memberikan
informasi sesuai dengan keahlian atau pengetahuan yang mereka miliki.
Mengomunikasikan
·
Siswa dalam kelompok menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi
mereka secara bergantian, anggota yang lain melengkapi penjelasan, dan siswa dari kelompok lain
menanggapi serta merangkum dalam buku catatan
·
Guru mengamati, menilai, serta memberikan garis
besar dan arahan dalam aktivitas siswa berdiskusi mengenai sejarah akuntansi dan
pengertian dan manfaat akuntansi.
|
160
menit
|
|
Penutup
·
Guru memberikan penghargaan atau saran
kepada tiap kelompok
·
Dengan bimbingan guru, siswa diminta
membuat rangkuman secara lisan dan menuliskannya
·
Siswa dan guru melakukan refleksi tentang
kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini.
·
Guru memberikan evaluasi individu untuk
dikerjakan secara mandiri melalui tugas pertemuan berikutnya
·
Guru menyampaikan materi yang akan datang
dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam.
|
10
menit
|
2.
Pertemuan II
|
Rincian kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan/Kegiatan
awal
·
Memulai pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran di kelas.
·
Guru dan siswa merefleksi pertemuan
sebelumnya, dan memberikan pertanyaan secara lisan dan singkat tentang materi
sebelumnya.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang harus dicapai siswa sesuai dengan materi yang akan dibahas
|
10
menit
|
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa mengamati dan memperhatikan slide
power point yang berkaitan dengan materi akuntansi sebagai sistem informasi,
yaitu mengenai pemakai informasi akuntansi dan karakteristik pemakai
akuntansi dan kualitas informasi akuntansi.
Menanya
·
Siswa menanyakan tentang pemakai
informasi akuntansi dan karakteristik pemakai akuntansi dan kualitas
informasi akuntansi.
Mengeksplorasi:
·
Siswa diminta untuk membentuk
kelompok, dengan anggota tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
·
Setiap kelompok di minta untuk mencari
data mengenai kepentingan langsung kreditor terhadap maju mundurnya
perusahaan dan kriteria apa yang harus dipenuhi agar informasi akuntansi
dapat digunakan untuk menganalisis kondisi di masa depan.
Mengasosiasi
·
Setiap siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas
yang diberikan dengan mencari data atau informasi melalui internet, buku
paket, dan buku referensi lainnya.
·
Setiap kelompok membandingkan hasil diskusi
dengan melihat literatur yang mereka pakai
·
Guru membimbing dan menilai aktivitas siswa
dalam berdiskusi
Mengomunikasikan
·
Perwakilan siswa dari tiap-tiap kelompok
memberikan penjelasan atau presentasi di depan kelas secara bergantian.
·
Guru mengamati, menilai, serta membimbing
aktivitas siswa dalam berdiskusi dan presentasi.
|
160
menit
|
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan tentang
materi yang telah dipelajari hari ini
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari
materi selanjutnya, yaitu prinsip dasar akuntansi dan bidang-bidang
akuntansi.
·
Guru menyampaikan materi yang akan datang
dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam
|
10
menit
|
3.
Pertemuan III
|
Rincian kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan/Kegiatan
awal
·
Memulai pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran di kelas.
·
Guru dan siswa merefleksi pertemuan
sebelumnya, dan memberikan pertanyaan secara lisan dan singkat tentang materi
sebelumnya.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang harus dicapai siswa sesuai dengan materi yang akan dibahas
|
10
menit
|
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa mengamati dan memperhatikan slide
power point yang diberikan guru dan buku pelajaran yang berkaitan dengan
materi akuntansi sebagai sistem informasi, yaitu prinsip dasar akuntansi dan
bidang-bidang akuntansi.
Menanya
·
Siswa menanyakan tentang prinsip
dasar akuntansi dan bidang-bidang akuntansi yang belum mereka pahami
Mengeksplorasi:
·
Siswa diminta untuk membentuk
kelompok, dengan anggota tiap kelompok terdiri dari 3 orang.
·
Setiap kelompok diminta untuk
menjelaskan mengenai bidang-bidng akuntansi dan perbedaannya dalam bentuk
laporan untuk dipresentasikan di depan kelas.
Mengasosiasi
·
Setiap siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas
yang diberikan oleh guru dengan mencari data dan informasi melalui internet,
buku paket, dan buku referensi lainnya.
·
Setiap kelompok membandingkan hasil diskusi
dengan melihat literatur yang mereka pakai.
·
Guru membimbing dan menilai aktivitas siswa
dalam berdiskusi
Mengomunikasikan
·
Perwakilan siswa dari tiap-tiap kelompok
memberikan penjelasan atau presentasi di depan kelas secara bergantian dan
singkat dari data atau simpulan yang telah mereka kumpulkan.
·
Guru mengamati, menilai, serta membimbing
aktivitas siswa dalam berdiskusi dan presentasi.
|
160
menit
|
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan tentang
materi yang telah dipelajari hari ini
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mempelajari materi selanjutnya, yaitu profesi akuntan dan etika profesi
akuntan.
·
Guru menyampaikan materi yang akan datang
dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam
|
10
menit
|
4.
Pertemuan IV
|
Rincian kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan/Kegiatan
awal
·
Memulai pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran di kelas.
·
Guru dan siswa merefleksi pertemuan
sebelumnya, dan memberikan pertanyaan secara lisan dan singkat tentang materi
sebelumnya.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang harus dicapai siswa sesuai dengan materi yang akan dibahas.
|
10
menit
|
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa mengamati dan memperhatikan slide
power point yang diberikan guru dan buku pelajaran yang berkaitan dengan
materi akuntansi sebagai sistem informasi, yaitu profesi akuntansi dan etika
profesi akuntansi.
Menanya
·
Siswa menanyakan tentang profesi
akuntan dan etika profesi akuntan yang belum mereka pahami.
Mengeksplorasi:
·
Siswa diminta untuk membentuk
kelompok, dengan anggota tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
·
Setiap kelompok diminta untuk membuat
pesentasi yang menampilkan nama-nama dan foto orang/kantor akuntan perusahaan
(internal), akuntan publik, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik yang
berada di daerah sekitar anda. Lengkapi dengan sejarah berdiri dan struktur
organisasi masing-masing perusahaan.
·
Setiap kelompok diminta untuk
menjelaskan mengenai bidang-bidng akuntansi dan perbedaannya dalam bentuk
laporan untuk dipresentasikan di depan kelas.
Mengasosiasi
·
Setiap siswa dalam kelompok mendiskusikan
tugas yang diberikan oleh guru dengan mencari data dan informasi melalui
internet, buku paket, dan buku referensi lainnya.
·
Setiap kelompok membandingkan hasil diskusi
dengan melihat literatur yang mereka pakai
·
Guru membimbing dan menilai aktivitas siswa
dalam berdiskusi
Mengomunikasikan
·
Perwakilan siswa dari tiap-tiap kelompok
memberikan penjelasan atau presentasi di depan kelas secara bergantian.
·
Guru mengamati, menilai, serta membimbing
aktivitas siswa dalam berdiskusi dan presentasi.
|
160
menit
|
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan tentang
materi yang telah dipelajari hari ini
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mempelajari materi selanjutnya, yaitu persamaan dasar akuntansi
·
Guru menyampaikan materi yang akan datang
dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam
|
10
menit
|
J.
Metode
Penilaian
·
Penilaian dilakukan selama
kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan.
·
Instrumen penilaian sikap,
pengetahuan, dan keterampilan terlampir.
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran yang dilakukan .
b.
Toleran terhadap penugasan yang
berbeda dan kreatif.
c.
Peduli dalam kegiatan pembelajaran
d.
Disiplin selama proses pembelajaran
e.
Jujur dalam melakukan tugas yang
diberikan
f.
Tanggung jawab dalam menyelesaikan
tugas
|
Observasi
|
Selama pembelajaran dan Saat diskusi
|
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan tugas yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian pribadi
|
|
3.
|
Keterampilan
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi penugasan yang relevan
|
Studi
Kasus
|
Penyelesaian kelompok
|
K.
Instrumen
Penilaian hasil Belajar
1.
Penilaian Sikap :
Observasi
2.
Penilaian Pengetahuan :
Penugasan
3.
Penilaian Keterampilan
: Studi Kasus
1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/ Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Waktu Pengamatan : Pada saat
Pelaksanaan pembelajaran.
Indikator :
1. Aktif
2. Kerjasama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1. Kurang baik jika menunjukkan sama
sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum
konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah
ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran tetapi belum konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali
tidak berusaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk
bekerja sama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.
3. Baik jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok
tetapi masih belum konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerja sama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap
toleran terhadap penugasan dan kreatif.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk
bersikap toleran terhadap penugasan yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum
konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap penugasan yang berbeda dan kreatif tetapi masuih
belum konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap penugasan yang berbeda dan kreatif secara terus menerus
dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
2.
LEMBAR
OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
Mata
pelajaran : Ekonomi
Kelas/semester : XII/Satu
Materi pokok : Akuntansi sebagai Sistem
Informasi
|
N
O
|
Nama
siswa
|
OBSERVASI
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
||||
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
Semangat
kebangsaan
|
Cinta
tanah air
|
||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor:
4=sangat
baik
3=baik
2=cukup
1=kurang
3.
LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan kelompok
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas :
XII
Rubrik
Penilaian
|
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
|||
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip ekonomi
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan memilih bahan/materi
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
3
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan waktu
pengumpulan tugas
|
|
|
|
|
|
5
|
Kerapihan hasil
|
|
|
|
|
|
6
|
Nilai estetika
|
|
|
|
|
Keterangan: 4 = sangat baik; 3 = baik; 2 = cukup baik; 1= kurang baik
Nilai Perolehan =
STUDI KASUS
Akuntan Bakal Makin Keras Berkompetisi
MALANG,
KOMPAS.com - Akuntan harus semakin melek teknologi informasi (TI). Akuntansi
dan digital ibarat mata uang yang tidak dapat dilepaskan, karena akuntansi
butuh IT untuk terus mengupdate data dan informasi.
"Sementara IT itu butuh akuntan untuk membahasakan proses
akuntansi dalam dunia sistem," ujar Sulasmo Sudarno, pendiri Moco,
aplikasi social reading, dalam kesimpulan diskusi seminar nasional 'Peran
Akuntan dalam Mewujudkan Bisnis yang Berintegritas' di kampus Universitas Widya
Gama Malang, Minggu (20/3/2016).
Menurut dia, profesi akuntan mengalami perkembangan pesat seiring
tingginya tuntutan masyarakat dunia usaha dan perkembangan global. Sebagai
profesional di bidang akuntansi, seorang sarjana akuntansi dapat mengembangkan
karirnya sebagai pengusaha atau sebagai akuntan profesional, seperti akuntan
publik, akuntan intern, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik.
"Apalagi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mulai berlaku tahun
ini menjadi tantangan serius harus dihadapi Indonesia di berbagai sektor. Salah
satunya di bidang jasa profesi akuntan," kata Sulasmo.
Sementara itu, Rektor Universitas Widya Gama Malang Prof Iwan
Nugroho mengatakan bahwa untuk menghadapi hal itu pemerintah telah menyiapkan
berbagai perangkat peraturan untuk menjamin adanya persaingan sehat dan
kompetitif dalam penyediaan jasa profesi akuntan. Namun, itu bukan berarti
membuat akuntan di Indonesia berpangku tangan.
"Akuntan
kita harus siap menghadapi persaingan dengan akuntan asing, terutama dalam
menawarkan jasa profesinya. Perlu strategi bagi lulusan sarjana akuntansi dalam
menghadapi tantangan MEA itu," kata Iwan.
Minim Profesi konsultan akan menghadapi peluang yang semakin terbuka lebar di dunia konsultan. hingga saat ini. Akuntan makin keras berkompetisi di negeri sendiri.
Minim Profesi konsultan akan menghadapi peluang yang semakin terbuka lebar di dunia konsultan. hingga saat ini. Akuntan makin keras berkompetisi di negeri sendiri.
"Persaingan di era (MEA) ini harus menjadi motivasi kita
menjadi pengusaha di negeri sendiri," ujar Sekretaris DPP Ikatan Nasional
Konsultan Indonesia (Inkindo) Jawa Timur, Adi Prawito.
Adi
juga menyoroti masih minimnya jumlah akuntan di Indonesia. Mengacu data
Inkindo, dia membandingkan jumlah profesi akuntan di beberapa negara anggota
ASEAN.
Di Thailand misalnya, lanjut Adi, jumlah akuntan sebanyak 56.125 orang, sementara Malaysia berjumlah 30.236 orang.
Adapun di Singapura sebanyak 27.394, Philipina sebanyak 19.573 akuntan, sedangkan di Indonesia sebanyak 15.940 orang.
"Masih minimnya jumlah akuntan di Indonesia ketimbang akuntan
asing di Asia Tenggara menjadikan Ikatan Akuntan Indoensia (IAI) sebagai
lembaga profesional akuntansi harus terus berupaya melakukan sertifikasi
akuntan untuk menjadi akuntan profesional," kata Adi.
Dia mengatakan, akuntan di Indonesia mau tak mau memang harus siap
berkompetisi. Kompetisi yang sehat, kreatif, dan inovatif di era MEA ini.
"Tidak usah takut bersaing dengan akuntan asing. Syaratnya,
kita harus fokus menyiapkan skil, kreatif dan inovatif," ujarnya.
Penulis : Latief
https://edukasi.kompas.com/read/2016/03/21/16170011/Akuntan.Bakal.Makin.Keras.Berkompetisi..
Pertanyaan
Penulis : Latief
https://edukasi.kompas.com/read/2016/03/21/16170011/Akuntan.Bakal.Makin.Keras.Berkompetisi..
Pertanyaan
1.
Menurut Anda
bagaimanakah masa depan profesi akuntan publik di Indonesia? Jelaskan.
2.
Apa saja
faktor-faktor yang membuat akuntan publik di Indonesia dapat bersaing dengan akuntan
publik dari luar negeri, terutama negara ASEAN?
4. PENILAIAN
KINERJA PRESENTASI
Studi kasus
Mata pelajaran : Ekonomi
Materi :
Akuntansi sebagai Sistem Informasi
Alokasi waktu : 2x45 menit
Nama siswa : …….
Kelas :
……
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
|
1
|
2
|
3
|
||
|
1
|
Komunikasi
|
|
|
|
|
2
|
Sistematika
penyampaian
|
|
|
|
|
3
|
Wawasan
|
|
|
|
|
4
|
Keberanian
|
|
|
|
|
5
|
Antusias
|
|
|
|
|
6
|
Penampilan
|
|
|
|
Mengetahui, Guru
mata pelajaran
Kepala
sekolah
( )
LAMPIRAN
BAHAN AJAR
(LEMBAR
KERJA SISWA)
Petunjuk
Umum:
1.
Bacalah secara seksama soal dibawah ini
sebelum anda mengerjakan
2.
Kerjakan di lembaran kertas yang
disediakan sesuai dengan tugas yang diberikan
3.
Diskusikan hasil kerja dengan kelompok
Pertemuan
I:
1. Dalam
akuntansi terdapat berbagai macam prinsip, sebutkan dan jelaskan apa saja
prinsip yang ada dalam akuntansi.
2. Akuntansi
dapat dibagi menjadi beberapa bidang.
a. Sebutkan
macam-macam bidang akuntansi
b. Jelaskan
perbedaan Akuntansi Manajemen dengan Akuntansi Keuangan
Petunjuk Umum:
1. Bacalah
secara seksama soal dibawah ini sebelum anda mengerjakan
2. Kerjakan
di lembaran kertas yang disediakan sesuai dengan tugas yang diberikan
3. Diskusikan
hasil kerja dengan kelompok
1.
Profesi akuntansi (Akuntan) ada 4 macam
dan mempunyai kode etik akuntan. Tuliskan macam-macam profesi tersebut beserta
kode etik akuntan
2.
Tulis dan jelaskan apa saja yang
menjadi etika profesi akuntan.
Komentar
Posting Komentar