Langsung ke konten utama

RPP SMAI As Shofy


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran    :  Ekonomi
Kelas/Semester   :  XII/satu
Materi Pokok      :  Bab 1 Akuntansi Sebagai Sistem Informasi
Alokasi Waktu     : 4 x 4JP (4 x pertemuan)
A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif, dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 
 
B.    Kompetensi Dasar (KD)
1.      Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
2.      Menyajikan akuntansi sebagai sistem informasi.
C.     Indikator
·         menjelaskan pengertian akuntansi,
·         menjelaskan pemakai informasi akuntansi,
·         mendeskripsikan karakteristik pemakai informasi akuntansi,
·         menjelaskan kualitas informasi akuntansi,
·         menjelaskan prinsip dasar akuntansi,
·         menjelaskan bidangbidang akuntansi,
·         mendeskripsikan profesi akuntan, dan
·         menjelaskan etika profesi akuntan.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
·         mendeskripsikan sejarah akuntansi,
·         menjelaskan pengertian dan manfaat akuntansi,
·         mengindentifikasi pemakai informasi akuntansi,
·         mendeskripsikan karakteristik pemakai informasi akuntansi dan kualitas informasi akuntansi,
·         menjelaskan prinsip dasar akuntansi,
·         mengidentifikasi bidang-bidang akuntansi,
·         mendeskripsikan profesi akuntan, dan
·         menjelaskan etika profesi akuntan.

E.     Materi Pembelajaran
Akuntansi sebagai Sistem Informasi Sejarah akuntansi
·         Pengertian dan manfaat akuntansi
·         Pemakai Informasi Akuntansi
·         Karakteristik kualitas informasi akuntansi
·         Prinsip dasar akuntansi
·         Bidang-bidang akuntansi
·         Profesi akuntan
·         Etika profesi akuntan

F.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan : Scientific
2.      Metode : Ceramah, tanya jawab, dan penugasan

G.    Media, alat, dan sumber pembelajaran
1.     Media
Powerpoint
2.     Alat/Bahan
Laptop, LCD, spidol, alat tulis, buku materi, kertas
3.     Sumber pembelajaran
1.      Buku Paket Ekonomi Kelas XII, Alam,S. 2018. Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta; Esis
2.      Buku-buku lain yang relevan;
3.      Informasi melalui media cetak dan internet

H.   Karakter Kebangsaan
1.      Religius
2.      Jujur
3.      Tanggung jawab
4.      Semangat kebangsaan
5.      Cinta tanah air
I.       Kegiatan Pembelajaran

1.     Pertemuan I

Rincian kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan awal
·        Memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas.
·        Guru merefleksi materi pada pertemuan sebelumnya, dan memberikan tes lisan untuk mengevaluasi pengetahuan siswa
·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai sesuai dengan materi yang akan dibahas





10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
·        Siswa mengamati dan memperhatikan presentasi guru melalui slide powerpoint dan buku pelajaran tentang akuntansi sebagai sistem informasi, dengan sub materi mengenai sejarah akuntansi dan pengertian dan manfaat akuntansi.
Menanya
·        Siswa menanyakan secara detail/rinci tentang sejarah akuntansi dan pengertian dan manfaat akuntansi.
Mengeksplorasi
·        Siswa diminta untuk mebentuk kelompok, dengan anggota tiap-tiap kelompok 2 orang.
·        Guru memberi tugas kepada tiap kelompok untuk membuat suatu makalah yang menggali informasi mengenai sejarah akuntansi dan pengertian dan manfaat akuntansi.
·        Sumber informasi dapat diperoleh melalui buku sumber lain serta menggunakan internet, koran atau majalah dan lain sebagainya yang relevan untuk materi akuntasi sebagai sistem informasi
Mengasosiasi
·         Tiap kelompok mencari data dan berdiskusi mengenai makalah atau tugas yang telah diberikan oleh guru.
·         Setiap siswa dalam kelompok memberikan informasi sesuai dengan keahlian atau pengetahuan yang mereka miliki.
Mengomunikasikan
·        Siswa dalam kelompok menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·        Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian, anggota yang lain melengkapi penjelasan, dan siswa dari kelompok lain menanggapi serta merangkum dalam buku catatan
·        Guru mengamati, menilai, serta memberikan garis besar dan arahan dalam aktivitas siswa berdiskusi mengenai sejarah akuntansi dan pengertian dan manfaat akuntansi.


















160 menit
Penutup
·        Guru memberikan penghargaan atau saran kepada tiap kelompok
·        Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman secara lisan dan menuliskannya
·         Siswa dan guru melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini.
·        Guru memberikan evaluasi individu untuk dikerjakan secara mandiri melalui tugas pertemuan berikutnya
·        Guru menyampaikan materi yang akan datang dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam.





10 menit

2.     Pertemuan II

Rincian kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan awal
·        Memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas.
·        Guru dan siswa merefleksi pertemuan sebelumnya, dan memberikan pertanyaan secara lisan dan singkat tentang materi sebelumnya.
·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai siswa sesuai dengan materi yang akan dibahas






10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·        Siswa mengamati dan memperhatikan slide power point yang berkaitan dengan materi akuntansi sebagai sistem informasi, yaitu mengenai pemakai informasi akuntansi dan karakteristik pemakai akuntansi dan kualitas informasi akuntansi.
Menanya
·         Siswa menanyakan tentang pemakai informasi akuntansi dan karakteristik pemakai akuntansi dan kualitas informasi akuntansi.
Mengeksplorasi:
·        Siswa diminta untuk membentuk kelompok, dengan anggota tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
·        Setiap kelompok di minta untuk mencari data mengenai kepentingan langsung kreditor terhadap maju mundurnya perusahaan dan kriteria apa yang harus dipenuhi agar informasi akuntansi dapat digunakan untuk menganalisis kondisi di masa depan. 
Mengasosiasi
·        Setiap siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan dengan mencari data atau informasi melalui internet, buku paket, dan buku referensi lainnya.
·        Setiap kelompok membandingkan hasil diskusi dengan melihat literatur yang mereka pakai
·        Guru membimbing dan menilai aktivitas siswa dalam berdiskusi  
Mengomunikasikan
·        Perwakilan siswa dari tiap-tiap kelompok memberikan penjelasan atau presentasi di depan kelas secara bergantian.
·        Guru mengamati, menilai, serta membimbing aktivitas siswa dalam berdiskusi dan presentasi.















160 menit
Penutup
·        Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari hari ini
·        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya, yaitu prinsip dasar akuntansi dan bidang-bidang akuntansi.
·        Guru menyampaikan materi yang akan datang dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam




10 menit

3.     Pertemuan III

Rincian kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan awal
·        Memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas.
·        Guru dan siswa merefleksi pertemuan sebelumnya, dan memberikan pertanyaan secara lisan dan singkat tentang materi sebelumnya.
·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai siswa sesuai dengan materi yang akan dibahas





10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·        Siswa mengamati dan memperhatikan slide power point yang diberikan guru dan buku pelajaran yang berkaitan dengan materi akuntansi sebagai sistem informasi, yaitu prinsip dasar akuntansi dan bidang-bidang akuntansi.
Menanya
·         Siswa menanyakan tentang prinsip dasar akuntansi dan bidang-bidang akuntansi yang belum mereka pahami
Mengeksplorasi:
·        Siswa diminta untuk membentuk kelompok, dengan anggota tiap kelompok terdiri dari 3 orang.
·        Setiap kelompok diminta untuk menjelaskan mengenai bidang-bidng akuntansi dan perbedaannya dalam bentuk laporan untuk dipresentasikan di depan kelas.
Mengasosiasi
·        Setiap siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan mencari data dan informasi melalui internet, buku paket, dan buku referensi lainnya.
·        Setiap kelompok membandingkan hasil diskusi dengan melihat literatur yang mereka pakai.
·        Guru membimbing dan menilai aktivitas siswa dalam berdiskusi  
Mengomunikasikan
·        Perwakilan siswa dari tiap-tiap kelompok memberikan penjelasan atau presentasi di depan kelas secara bergantian dan singkat dari data atau simpulan yang telah mereka kumpulkan.
·        Guru mengamati, menilai, serta membimbing aktivitas siswa dalam berdiskusi dan presentasi.












160 menit

Penutup
·        Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari hari ini
·        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya, yaitu profesi akuntan dan etika profesi akuntan.
·        Guru menyampaikan materi yang akan datang dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam




10 menit


4.     Pertemuan IV

Rincian kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan awal
·        Memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas.
·        Guru dan siswa merefleksi pertemuan sebelumnya, dan memberikan pertanyaan secara lisan dan singkat tentang materi sebelumnya.
·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai siswa sesuai dengan materi yang akan dibahas.





10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·        Siswa mengamati dan memperhatikan slide power point yang diberikan guru dan buku pelajaran yang berkaitan dengan materi akuntansi sebagai sistem informasi, yaitu profesi akuntansi dan etika profesi akuntansi.
Menanya
·         Siswa menanyakan tentang profesi akuntan dan etika profesi akuntan yang belum mereka pahami.
Mengeksplorasi:
·        Siswa diminta untuk membentuk kelompok, dengan anggota tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
·        Setiap kelompok diminta untuk membuat pesentasi yang menampilkan nama-nama dan foto orang/kantor akuntan perusahaan (internal), akuntan publik, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik yang berada di daerah sekitar anda. Lengkapi dengan sejarah berdiri dan struktur organisasi masing-masing perusahaan.
·        Setiap kelompok diminta untuk menjelaskan mengenai bidang-bidng akuntansi dan perbedaannya dalam bentuk laporan untuk dipresentasikan di depan kelas.
Mengasosiasi
·        Setiap siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan mencari data dan informasi melalui internet, buku paket, dan buku referensi lainnya.
·        Setiap kelompok membandingkan hasil diskusi dengan melihat literatur yang mereka pakai
·        Guru membimbing dan menilai aktivitas siswa dalam berdiskusi  
Mengomunikasikan
·        Perwakilan siswa dari tiap-tiap kelompok memberikan penjelasan atau presentasi di depan kelas secara bergantian.
·        Guru mengamati, menilai, serta membimbing aktivitas siswa dalam berdiskusi dan presentasi.












160 menit

Penutup
·        Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari hari ini
·        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya, yaitu persamaan dasar akuntansi
·        Guru menyampaikan materi yang akan datang dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam




10 menit

J.       Metode Penilaian
·         Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap,  pengetahuan dan keterampilan.
·         Instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan terlampir.

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b.      Toleran terhadap penugasan yang berbeda dan kreatif.
c.       Peduli dalam kegiatan pembelajaran
d.      Disiplin selama proses pembelajaran
e.       Jujur dalam melakukan tugas yang diberikan
f.        Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas


Observasi

Selama pembelajaran dan Saat diskusi
2.
Pengetahuan
Menyelesaikan tugas yang relevan


Penugasan

Penyelesaian pribadi
3.

Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi penugasan yang relevan

Studi Kasus

Penyelesaian kelompok

K.    Instrumen Penilaian hasil Belajar
1.      Penilaian Sikap                      : Observasi
2.      Penilaian Pengetahuan         : Penugasan
3.      Penilaian Keterampilan        : Studi Kasus




















1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian  Observasi

Satuan Pendidikan    : SMA
Mata Pelajaran          : Ekonomi
Kelas/ Semester        : XII / 1
Tahun Pelajaran        : 2018/2019
Waktu Pengamatan   : Pada saat Pelaksanaan pembelajaran.
Indikator                    : 1. Aktif
                                      2. Kerjasama
                                      3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum konsisten
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerja sama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap penugasan dan kreatif.
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap penugasan yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap penugasan yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap penugasan yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan



2.     LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
Mata pelajaran          : Ekonomi
Kelas/semester         : XII/Satu
Materi pokok             : Akuntansi sebagai Sistem Informasi  

N
O


Nama
siswa
OBSERVASI

Jumlah skor

Nilai

Religius

Jujur  


Tanggung jawab

Semangat kebangsaan

Cinta tanah air
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10









Keterangan pengisian skor:
4=sangat baik
3=baik
2=cukup
1=kurang





3.     LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan kelompok

Satuan Pendidikan    : SMA
Mata Pelajaran          : Ekonomi
Kelas                          : XII

Rubrik Penilaian
No.
Kriteria
Kelompok
4
3
2
1
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip ekonomi




2
Ketepatan memilih bahan/materi pembelajaran




3
Kreativitas




4
Ketepatan waktu pengumpulan tugas




5
Kerapihan hasil




6
Nilai estetika





Keterangan: 4 = sangat baik; 3 = baik; 2 = cukup baik; 1= kurang baik
Nilai Perolehan =









STUDI KASUS

Akuntan Bakal Makin Keras Berkompetisi
 

MALANG, KOMPAS.com - Akuntan harus semakin melek teknologi informasi (TI). Akuntansi dan digital ibarat mata uang yang tidak dapat dilepaskan, karena akuntansi butuh IT untuk terus mengupdate data dan informasi.
"Sementara IT itu butuh akuntan untuk membahasakan proses akuntansi dalam dunia sistem," ujar Sulasmo Sudarno, pendiri Moco, aplikasi social reading, dalam kesimpulan diskusi seminar nasional 'Peran Akuntan dalam Mewujudkan Bisnis yang Berintegritas' di kampus Universitas Widya Gama Malang, Minggu (20/3/2016).
Menurut dia, profesi akuntan mengalami perkembangan pesat seiring tingginya tuntutan masyarakat dunia usaha dan perkembangan global. Sebagai profesional di bidang akuntansi, seorang sarjana akuntansi dapat mengembangkan karirnya sebagai pengusaha atau sebagai akuntan profesional, seperti akuntan publik, akuntan intern, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik.
"Apalagi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mulai berlaku tahun ini menjadi tantangan serius harus dihadapi Indonesia di berbagai sektor. Salah satunya di bidang jasa profesi akuntan," kata Sulasmo.
Sementara itu, Rektor Universitas Widya Gama Malang Prof Iwan Nugroho mengatakan bahwa untuk menghadapi hal itu pemerintah telah menyiapkan berbagai perangkat peraturan untuk menjamin adanya persaingan sehat dan kompetitif dalam penyediaan jasa profesi akuntan. Namun, itu bukan berarti membuat akuntan di Indonesia berpangku tangan.
"Akuntan kita harus siap menghadapi persaingan dengan akuntan asing, terutama dalam menawarkan jasa profesinya. Perlu strategi bagi lulusan sarjana akuntansi dalam menghadapi tantangan MEA itu," kata Iwan.
Minim Profesi konsultan akan menghadapi peluang yang semakin terbuka lebar di dunia konsultan.   hingga saat ini. Akuntan makin keras berkompetisi di negeri sendiri.
"Persaingan di era (MEA) ini harus menjadi motivasi kita menjadi pengusaha di negeri sendiri," ujar Sekretaris DPP Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Jawa Timur, Adi Prawito.
Adi juga menyoroti masih minimnya jumlah akuntan di Indonesia. Mengacu data Inkindo, dia membandingkan jumlah profesi akuntan di beberapa negara anggota ASEAN.
Di Thailand misalnya, lanjut Adi, jumlah akuntan sebanyak 56.125 orang, ‎sementara Malaysia berjumlah 30.236 orang. Adapun di Singapura sebanyak 27.394, Philipina sebanyak 19.573 akuntan, sedangkan di Indonesia sebanyak 15.940 orang.
"Masih minimnya jumlah akuntan di Indonesia ketimbang akuntan asing di Asia Tenggara  menjadikan Ikatan Akuntan Indoensia (IAI) sebagai lembaga profesional akuntansi harus terus berupaya melakukan sertifikasi akuntan untuk menjadi akuntan profesional," kata Adi. 
Dia mengatakan, akuntan di Indonesia mau tak mau memang harus siap berkompetisi. Kompetisi yang sehat, kreatif, dan inovatif di era MEA ini.
"Tidak usah takut bersaing dengan akuntan asing. Syaratnya, kita harus fokus menyiapkan skil, kreatif dan inovatif," ujarnya.

Penulis : Latief
https://edukasi.kompas.com/read/2016/03/21/16170011/Akuntan.Bakal.Makin.Keras.Berkompetisi..
Pertanyaan
1.      Menurut Anda bagaimanakah masa depan profesi akuntan publik di Indonesia? Jelaskan.
2.      Apa saja faktor-faktor yang membuat akuntan publik di Indonesia dapat bersaing dengan akuntan publik dari luar negeri, terutama negara ASEAN?




4.     PENILAIAN KINERJA PRESENTASI
Studi kasus
Mata pelajaran    :  Ekonomi
Materi                   : Akuntansi sebagai Sistem Informasi
Alokasi waktu      :  2x45 menit
Nama siswa          : …….
Kelas                     : ……

No

Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1
Komunikasi



2
Sistematika penyampaian



3
Wawasan



4
Keberanian



5
Antusias



6
Penampilan




Mengetahui,                                                                                                               Guru mata pelajaran
Kepala sekolah



(                      )



LAMPIRAN BAHAN AJAR
(LEMBAR KERJA SISWA)

Petunjuk Umum:
1.      Bacalah secara seksama soal dibawah ini sebelum anda mengerjakan
2.      Kerjakan di lembaran kertas yang disediakan sesuai dengan tugas yang diberikan
3.      Diskusikan hasil kerja dengan kelompok


Pertemuan I:
1.      Dalam akuntansi terdapat berbagai macam prinsip, sebutkan dan jelaskan apa saja prinsip yang ada dalam akuntansi.
2.      Akuntansi dapat dibagi menjadi beberapa bidang.
a.       Sebutkan macam-macam bidang akuntansi
b.      Jelaskan perbedaan Akuntansi Manajemen dengan Akuntansi Keuangan

Petunjuk Umum:
1.      Bacalah secara seksama soal dibawah ini sebelum anda mengerjakan
2.      Kerjakan di lembaran kertas yang disediakan sesuai dengan tugas yang diberikan
3.      Diskusikan hasil kerja dengan kelompok

Pertemuan II:
1.      Profesi akuntansi (Akuntan) ada 4 macam dan mempunyai kode etik akuntan. Tuliskan macam-macam profesi tersebut beserta kode etik akuntan
2.      Tulis dan jelaskan apa saja yang menjadi etika profesi akuntan.


Komentar